Menentukan Topik Untuk Membuat Blog

Banyak orang yang bertanya,”Bagaimana menghasilkan uang dari hanya ngeblog?”. Mereka mencari-cari informasi ke google. Begitu banyak informasi yang mereka dapat, justeru bukan menambah pengetahuan tapi membuat bikin bingung karena banyak sekali informasi seperti itu. Banyak sekali cara menghasilkan uang dari ngeblog, tapi dari mana mulainya?”, Tanya mereka. Karena banyak sekali situs yang hanya menguraikan cara mendapatkan uang dari blog tanpa tahu dimulai dari mana,
Berikut adalah langkah-langkah memonetisasi blog berbahasa Indonesia setahap demi setahap :
1. Menentukan niche/ceruk/topik blog. Tentukan tema blog yang ingin anda buat. Tema blog yang sesuai dengan minat dan keterampilan anda. Cara mengetahuinya, mungkin ini bisa membantu, Bayangkanlah, kalau anda menulis tulisan untuk sebuah blog dengan target sehari sekali tulisan dalam jangka waktu panjang sekitar enam bulan, kira-kira tema blog apa yang anda inginkan? Pendidikan? olahraga? hiburan? kesehatan? selebritis? teknologi? gadget?berita?politik?agama? atau tema yang lain. Dalam memilih tema seperti telah disebutkan diatas, pilihlah topik blog yang anda sukai/minat. Kenapa penting memilih topik blog yang sesuai dengan apa yang disukai?
blogger
blogger

Karena kalau anda menulis topik blog yang disukai maka besar kemungkinan anda bertahan lama di make money from blogging. Karena anda menyukai tulisannya. Selain itu, menulis apa yang disukai akan terlihat dari tulisan, semangat anda, penguasaan anda, mampu meyakinkan pembaca, dan lain-lain. Penelitian membuktikan niche blog yang spesifik lebih baik dalam menghasilkan uang daripada blog yang bersifat general/umum. Banyak sekali topik blog yang bisa anda tulis. Untuk melihat macam-macam topik blog, anda bisa amati situs-situs umum seperti kompas.com, atau tempo.co. Di situs tersebut tersedia berbagai macam kategori, seperti olahraga, teknologi, otomotif, gadget, selebritis, politik, dunia, gaya hidup, agama, hiburan, bisnis, keuangan, female dan lain-lain. Anda tinggal memilih kategori topik yang paling anda sukai. Karena memilih topik yang anda sukai, maka kemungkinan besar anda dapat bertahan lama dalam menulis topik blog tersebut.
Misalnya anda memilih topik otomotif. Maka persempit topik blog tersebut. Dengan cara bertanya kepada diri sendiri,”Kendaraan otomotif apa yang anda sukai?” Mobil, motor, pesawat terbang, atau lainnya. Misalnya anda memilih mobil. Mobil yang keluaran mana ? atau mobil dari pabrikan mana? Daihatsu, Honda, Mercedes, Fiat, Cherode, dan lain-lain. Anda memilih Honda. Hal itu bisa dipersempit lagi, dengan Honda mengeluarkan mobil besar dan mobil kecil. Anda memilih mobil besar atau mobil kecil? Itu terserah anda yang anda suka. Jadi, semakin sempit tema blog itu maka semakin baik. Tapi jangan terlalu sempit he..
bisnis internet
bisnis internet

2. Setelah mendapatkan topik blog yang anda pilih sesuai ketentuan di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan riset untuk mengetahui tingkat persaingan niche blog anda melalui search engine. Untuk melakukan riset terhadap topik blog anda, bisa menggunakan fitur keyword research Google Adwords.
3. Langkah selanjutnya membuat blog pertama anda. misalnya di Blogger, atau wordpress. Kedua blog ini cukup popular dan mudah digunakan. Tetapi, bagi pemula bisnis online dianjurkan membuat blog dengan blogger, bukan wordpress. Karena wordpress tidak bisa diutak-atik untuk mendapatkan uang. Sedangkan blogger memiliki fitur-fitur monetisasi yang siap pakai seperti Google Adsense. Namun demikian, jika anda sudah memiliki dana yang cukup, lebih baik beralih membangun blog dengan domain dan hosting mandiri, tidak lagi dengan domain blogspot atau wordpress yang gratisan. Karena ini akan menjaga keamanan blog anda serta banyaknya pilihan kebebasan fitur untuk memonetisasi blog dengan macam-macam cara. Selain itu blog dengan domain dan hosting mandiri tampak lebih professional.

0 Response to "Menentukan Topik Untuk Membuat Blog"

Posting Komentar